Rabu, 28 Januari 2015

CSCW - UBIQUITOUS COMPUTING

10.1.  PENGERTIAN CSCW
a.  CSCW  adalah  cara  merancang  suatu  sistem  yang  digunakan  untuk  membantu  pekerjaan
sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak suatu teknologi pada pola pekerjaan
mereka 
b.  CSCW adalah suatu sistem yang mendukung pekerjaan groupware . 
c.  CSCW seringkali diasumsikan sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah groupware. CSCW
lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar
manusia dalam sekelompok pengguna

10.2.  Groupware
Groupware  dapat  diklasifikasi  dalam  beberapa  cara,  salah  satunya  adalah  dimana  dan
kapan  seseorang  peserta  mengikuti  kerja  kelompok.  Hal  ini  dapat  diringkas  dalam  matriks
time/space.  Dimensi  space  dapat  juga  suatu  dimensi  secara  geografis  dan  dibagi  dalam  co-located  (tempat  yang  sama)  dan  remote  (tempat  yang  berbeda).  Contoh  e-mail  dan  video
conferencing  yang  bekerja  pada  jarak  yang  jauh.  Sumbu  time  dibagi  menjadi  system
synchronous dan asynchronous. Contoh telepon merupakan komunikasi remote synchronous dan
post-it notes merupakan suatu asynchronous co-located.
Gambar di bawah ini menunjukkan suatu cooperative work yang mendukung pembahasa:
a.  Computer-mediated communication  Mendukung komunikasi antar partisipan 
b.  Meeting and decision support systems Menangkap pemahaman secara umum. 
c.  Shared application and artifacts  Mendukung interaksi partisipan dengan berbagi pekerjaan.  

Terminology  cooperation  work  berarti  ada  2  atau  lebih  partisipan,  P.  Partisipan  ini
berhubungan  satu  sama  lain  dalam  pekerjaan,  dan  juga  berinteraksi dengan  bermacam  tool  dan
produk.  Beberapa  diantaranya  adalah  berbagi  secara  fisik,  tetapi  dengan  maksud  untuk  tujuan
kerja  bersama,  ini  yang  disebut  sebagai  artefact,  A.  Para  partisipan  saling  bekerja  sama
dinotasikan  dengan  arah  panah,  bisa  dengan  berbicara  (speech)  atau  surat,  atau  komunikasi
langsung  bisa  dalam  hal  kategori  pada  matriks  time/  space  sebelumnya.  Bagian  dari  tujuan
komunikasi  adalah  untuk  mendapatkan  pemahaman  umum  dari  tugas  yang  berhubungan.
Pemahaman  ini  diimplisitkan  dalam  percakapan  atau  dalam  diagram  atau  teks  secara  eksplisit.
Untuk beberapa pekerjaan seperti penelitian dan aspek manajemen, membangun pemahaman dan
ide  merupakan  tugas  utama.Jika  bukan  ini,  partisipan  berinteraksi  dengan  tool  dan  objek  kerja
untuk  melaksanakan  pekerjaannya.  Ini  ditunjukkan  dengan  anak  panah  antar  partisipan  dan
artefact of work. Panah ini menunjukkan dua aliran informasi : control dari partisipan ke artefact,
dan feedback dari artefact ke partisipan.
Groupware  adalah  aplikasi  yang  dibuat  untuk  mendukung  kolaborasi  bersama  antar
sekelompok pengguna dalam suatu lingkungan tertentu (Alan Dix,  1993).  Groupware mewakili
software  yang  membantu  kelompok  kerja/kolega  terhubung  ke  jaringan  komunikasi  untuk
mengelola  aktifitas  mereka.  Operasi  yang  didukung  antara  lain:  penjadwalan  rapat  dan  alokasi
sumber daya, email, e-newsletter, distribusi file dan lain sebagainya. 
Groupware dapat  diklasifikasi  dalam  beberapa  cara,  salah  satunya  adalah  dimana  dan
kapan  seseorang  peserta  mengikuti  kerja  kelompok.  Hal  ini  dapat  diringkas  dalam  matriks
time/space berikut ini :

Groupware dapat dijalankan dalam waktu  yang berbeda. Contoh dari aplikasi basis web
jenis  ini  adalah  email,  forum  diskusi  ataupun  jenis  shared  editing.  Dalam  perkembangan
teknologi  web, groupware jenis  ini  sering  juga  disebut  sebagai social  networking seperti  blog,
forum sosial, bookmark aggregator, contoh : del.icio.us, blinklis ataupun office online.
Contoh dari aplikasi groupware :
a.  Komunikasi media komputer
1.  Email
Email merupakan groupware tersukses yang ada. Email termasuk jenis komunikasi yang
asynchronous (berbeda  waktu)  dan remote (berbeda  tempat).  Komponennya  terdiri  dari
alamat tujuan (To), salinan (Cc)  juga disertai dengan penanda waktu kirim.
2.  Instants Messangers
Instant  messenger seperti yahoo  messenger merupakan  suatu  fasilitas  untuk  mengirim
pesan berbasis internet yang mendapat umpan balik secara langsung, selain itu juga bisa
berkirim file, suara dan video dengan adanya fasilitas web camera.
3.  SMS
Layanan pengiriman pesan yang dibatasi 160 karakter. Dengan layanan 3G, bisa disertai
komunikasi face to face.

b.  Konferensi dan komunikasi video
Untuk  berkomunikasi  di  antara  beberapa  orang  yang  terpisah  secara  lokasi  memerlukan
biaya  yang  tidak  sedikit  serta  waktu  tempuh  yang  tidak  singkat.  Untuk  memenuhi  kendala
tempat,  waktu  dan  biaya  tersebut  diatasi  dengan  teknologi  video  konferensi  yang  berbasis
teknologi  satelit.  Masing-masing  lokasi  dalam  sebuah  sistem  video  konferensi  membutuhkan
sarana untuk mengirim dan menerima video yang dikirim melalui satelit.

c.  Meeting dan Sistem Pendukung Keputusan
1.  Argumentation tools
Komunikasi  ini  berbentuk  dua  arah  dan  melihat  kontribusi  masing-masing.  Hal  ini
dilakukan untuk mengkomunikasikan alasan pengambilan keputusan di antara perancang.
2.  Meeting rooms
Suatu  ruang  pertemuan  yang  dirancang  menggunakan  peralatan  komputer  untuk 
pertemuan  tatap  mata.  Rancangan  ruang  ini  dapat  berbentuk  U  atau  C  yang  diatur
mengelilingi  layar  monitor  dan  masing-masing  peserta  mempunyai  masing-masing
monitor.
3.  Shared work surfaces
Shared work surfaces merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni
suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan  tangan secara langsung ke layar
besar.
4.  Aplikasi dan artefak saling berbagi
5.  Shared editors
Editor ini dapat berbentuk text maupun grafik yang bekerja sama.
6.  Shared diaries
Ide  dari  sistem  ini  adalah  sederhana  yakni  setiap  orang  menggunakan shared  electronic
diary, hal ini berlaku sama jika menggunakan personal komputer dan pocket organizers.
Jika  ada  seseorang  ingin  membuat  pengaturan  pertemuan  maka  sistem  akan  mencari
diaries semua orang untuk menemukan waktu yang kosong.
7.  Shared PCs & Shared Windows 

10.3 UBIQUITOUS COMPUTING
10.3.1 Definisi Ubiquitous Computing
a. Sebuah  model/konsep  interaksi  manusia  dan  komputer  yang  paling  canggih  dan  modern,
dimana proses informasi keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
b. Penerapan  ubiquitous  computing  akan  memudahkan  manusia  dalam  berinteraksi  dan
berkomunikasi,  di  mana  saja,  kapan  saja,  mungkin  juga  bagaimana  saja,  dan  akan  terus
bermunculan banyak aplikasi dan layanan yang memanfaatkan metode ini.
c. Ubiquitous secara harfiah berarti muncul atau ada dimana-mana.
d. Computing bermakna komputer 
e. Ubiquitous  Computing  secara  sederhana  dapat  kita  definisikan  dengan  istilah  komputasi
dimana-mana/komputasi yang ada dimana-mana.
f.  Dan  lebih  jelasnya  bisa  diartikan  bahwa  di  segala  bidang  manusia  terdapat/menggunakan
teknologi komputasi.

10.3.2 Isu-isu Seputar Ubicomp
a.  Security 
Ubicomp  membawa  efek  meningkatnya  resiko  terhadap security.  Penggunaan
gelombang,  infra  merah,  ataupun  bentuk  media  komunikasi  tanpa  kabel  lain  antara  alat  input
dengan  alat  pemroses  data  membuka  peluang  bagi  pihak  lain  guna  menyadap  data.  Sebagai
implikasinya sang penyadap dapat memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan mereka. Saat
ini  berbagai  riset  tentang  pengiriman  data  yang  aman,  termasuk  penelitian  terhadap  protokol-protokol baru, menjadi salah satu fokus utama dari riset tentang ubicomp. 

b.  Privasi 
Penggunaan devices pada  manusia  menyebabkan  ruang  pada  privasi  semakin  mengecil.
Dengan  alasan  efisiensi  waktu  pegawai  seorang  pimpinan  dapat  meminta  semua  karyawannya
memakai tag  yang  dapat  memonitor  keberadaan  karyawan  tersebut  di  kantor.  Hal  ini
menyebabkan  sang  karyawan  tidak  lagi  mendapatkan  privasi  yang  menjadi  haknya  karena
keberadaannya  dapat  dipantau  setiap  saat  oleh  sang  pimpinan  beserta  data  yang  menyertainya,
misalnya  sang  pimpinan  menjadi  dapat  mengetahui  berapa  kali  sang  karyawan  pergi  ke  toilet
hari itu. 
c.  Wireless Speed 
Dengan berbagai macam ubicomp devices tuntutan akan kecepatan teknologi komunikasi
nirkabel  menjadi  sesuatu  yang  mutlak. Teknologi  saat  ini  menjamin  kecepatan  ini  untuk  satu
orang  atau  beberapa  orang  dalam  sebuah  grup.  Tetapi ubicomp tidak  hanya  berbicara  tentang
satudevice untuk  satu  orang, ubicomp membuat  seseorang  dapat  membawa    beberapa  devices
dan ubicomp juga harus dapat dimanfaatkan di area yang luas semacam stasiun, teknologi yang
ada  saat  ini  belum  mampu  menjamin  kecepatan  untuk  situasi  semacam  itu  karena  itu ubicomp
dapat menjadi tidak efektif apabila tidak didukung perkembangan teknologi nirkabel yang dapat
menyediakan kecepatan yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar